ANATOMI FISIOLOGI


PENGERTIAN ANATOMI

     Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur, bagian dan susunan organ di dalam tubuh serta hubungan bagian-bagiannya satu sama lain. Anatomi juga kerap disebut sebagai  ilmu urai. Kata ‘ANATOMI’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ana (bagian/memisahkan) dan tomi (iris/potongan). Dengan demikian, kedua istilah ini ketika digabungkan akan menjadi tindakan untuk mengangkat bagian tubuh makhluk hidup ke atas yang selanjutnya akan dilakukan penyelidikan atas segala bagian yang terdapat di dalamnya. Dengan dilakukan hal semacam ini, tentunya akan memberikan pengalaman baru atas apa saja yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup.

v Adapun kutipan/teori dari para ahli mengenai definisi atau pengertian anatomi adalah sebagai berikut :

1.  GRAY  (1995:3) : Anatomi adalah ilmu yang mempelajari bangun atau struktur bagian pada tubuh, kemudian apabila tanpa pelajaran yang lebih lanjut, maka biasa disebut dengan anatomi tubuh manusia.

2.  PEARCE C.E.(2004:1) : Anatomi adalah sebuah ilmu urai yang mempelajari susunan tubuh serta mempelajari hubungan-hungan satu sama lainnya.

3.  IRIANTO KOES (2014:32) : Anatomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagian luar maupun luar dari struktur tubuh manusia, antara hubungan fisik dengan yang lainnya.

4.  O’RAHILLY, R. : Anatomi berasal dari bahasa Yunani ana dan tome yang artinya memotong atau memisahkan. Anatomi juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. Anatomi merupakan sebuah ilmu yang khusus mempelajari struktur tubuh. Anatomi sendiri berasal dari bahasa Yunani dari kata natome yang terbentuk dari kata ana tegak dan tome berarti sebagai potongan.

Sumber dari google (kutipan/teori para ahli) : https://guratgarut.com/pengertian-anatomi/#:~:text=Pengertian%20anatomi%20adalah%20ilmu%20yang,yang%20satu%20dengan%20yang%20lainnya.&text=Bagian%20tubuh%20hewan%2C%20manusia%20atau,dianalisa%20bagian%2Dbagian%20dan%20strukturnya.


v Kutipan ayat Alquran yang menjelaskan tentang anatomi :

 “Tetapi, Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam tubuhnya roh ciptaan NYA dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati. Tetapi kamu sedikit sekali bersyukur.” (As-Sajdah:9).

“Tetapi pendengaran, penglihatan, dan hati mereka itu tidak berguna sedikit pun bagi mereka.”(Al-Ahqaf: 26).

     Penyebutan pendengaran dan penglihatan dalam Al-Quran dengan mendahulukan penyebutan “pendengaran” maka ini sesuai dengan susunan anatomi pusat-pusat indra pada otak secara tepat. Telinga terus berkembang dan menjadi sempurna sampai bulan ke lima dari kehidupan janin hingga sama dengan perkembangan telinga orang dewasa. Namun, kematangan indra penglihatan tidak akan sempurna kecuali setelah kelahiran.

 

PENGERTIAN FISIOLOGI

     Fisiologi (ilmu faal) adalah ilmu yang mempelajari tentang berlangsungnya sistem kehidupan. Pada ilmu ini kita akan mempelajari tentang pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya. Kata ‘FISIOLOGI’ berasal dari bahasa latin yaitu fisi/physis (alam,cara kerja) dan logos/logi (ilmu pengetahuan). Sedangkan arti kata ‘FAAL’ diadaptasi dari bahasa arab yang memiliki arti atau makna sebuah fungsi dan kerja. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa fisiologi merupakan ilmu yang menjelaskan proses kerja tubuh itu sendiri untuk melakukan aktifitas kehidupan.

v Adapun kutipan/teori dari para ahli mengenai definisi atau pengertian fisiologi adalah sebagai berikut :

1.  Pearce, E C.[2005:2] : Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai fungsi dari tubuh yang hidup.

2.  Sloane, E. [2004:1] : Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal.

Sumber dari google (kutipan/teori para ahli) : http://jurmaida.blogspot.com/2016/10/pengertian-anatomi-dan-fisiologi.html


v Kutipan ayat Alquran yang menjelaskan tentang fisiologi :

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (Q.S. Qashash(28): 73).

     Pada ayat tersebut Allah SWT menjelaskan bahwa pergantian siang dan malam dalam hubungannya dengan aktivitas manusia merupakan salah satu bentuk nikmat, dimana Dia menjadikan siang hari sebagai waktu untuk manusia mencari karunia-Nya di muka bumi dan menjadikan malam sebagai waktu untuk beristirahat. Bayangkan apa yang terjadi jika Allah SWT menciptakan siang tanpa malam dan malam tanpa siang. Kemudian di akhir ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa hikmah di balik ini adalah supaya kita mensyukuri nikmat pergantian siang dan malam ini yang telah mendukung kondisi fisiologi tubuh kita untuk beraktivitas, “dan agar kamu bersyukur kepada-Nya’.


PENGERTIAN MANUSIA

     Manusia adalah salah satu dari mahluk hidup yang ada di bumi. Dalam ilmu biologi, manusia disebut sebagai Homo sapiens dan digolongkan sebagai mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Secara etimologi, kata “MANUSIA” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “manu”  dan bahasa Latin yakni “mens”  yang berarti berpikir, berakal budi dan makhluk yang mampu menguasai makhluk lain. Manusia sebagai makhluk sosial, artinya manusia hanya akan menjadi apa dan siapa bergantung ia bergaul dengan siapa. Manusia tidak bisa hidup sendirian, sebab manusia senantiasa membutuhkan interaksi dengan manusia yang lain.

v Adapun kutipan/teori dari para ahli mengenai definisi atau pengertian manusia adalah sebagai berikut :

1.  NICOLAUS D. & A. SUDIARJA : Manusia adalah bhineka,tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena  jasmani dan rohani merupakan satu barang.

2.  ABINENO J.I : Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana".

3.  UPANISADS : Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan.

4.  OMAR MOHAMMADAL-TOUMY AL-SYAIBANY : Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

5.  SOKRATES : Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.

6.  KEES BERTENS : Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.

7.  I WAYAN WATRA : Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.

8.  ERBE SENTANU : Manusia adalah mahluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk yang lain.

9.  PAULA J. C & JANET W. K : manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Sumber  dari google (kutipan/teori para ahli) : http://www.definisi-pengertian.com/2015/12/pengertian-manusia-definisi-menurut-ahli.html


v Kutipan ayat Alquran yang menjelaskan tentang manusia :

Al-Qur'an telah menegaskan bahwa manusia diciptakan secara khusus. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)-Ku, maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya." (QS Shaad: 71-72).

Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman: "Dan Allah menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari air mani..." (QS Faathir: 11).

Kemudian, dalam ayat Al-Qur'an, kita mendapatkan bahwa Allah SWT menegaskan penciptaan manusia ini dengan menggunakan kata ‘Qad’ yang sebelumnya didahului dengan ‘lam’ yang memiliki fungsi penegasan (lâm ta’kîd). Allah SWT berfirman: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya." (QS Qaaf: 16).


PENGERTIAN NAMA MATA KULIAH

     Anatomi Fisiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja.  Anatomi fisiologi juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang tubuh manusia secara rinci. Sebagai contoh, jika kita mempelajari struktur rangka manusia, maka kita juga akan mempelajari fungsi rangkanya. Struktur dan fungsinya sulit dipisahkan maka kedua ilmu ini akan dipelajari secara bersama-sama. Karena Struktur tubuh akan mengikuti fungsinya.


TUJUAN MATA KULIAH INI

     Tujuan mempelajari anatomi dan fisiologi manusia adalah untuk mengetahui struktur tubuh manusia dan fungsi ogan tubuh manusia. Pada ilmu ini juda dapat menambah pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan letak dan struktur atau susunan bagian-bagian tubuh manusia dengan makhluk hidup lainnya. Serta untuk bisa lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan berkaitan dengan fungsi struktur dan organ tubuh yang kita miliki yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Mengetahui bagaimana cara kita untuk melindungi dan menjaga kesehatan sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Pelajaran ini juga menjadi ilmu dasar untuk studi bidang kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH ISTILAH DALAM ANATOMI