SISTEM SKELETON (EXTREMITAS)

EKSTREMITAS (anggota gerak)

Alat gerak manusia dibagi berdasarkan letaknya. Ada alat gerak atas dan alat gerak bawah. Anggota gerak atas terdiri dari berbagai tulang serta otot yang menyusun lengan manusia. Sementara anggota gerak bawah terdiri dari otot dan tulang yang ada di kaki manusia. Anggota gerak inilah yang menunjang berbagai macam aktivitas kita sehari-hari. Setiap bagian tulang hingga otot tersebut akan bekerja sama dengan baik sehingga mendukung fungsi tubuh yang sempurna.

1.    EXTREMITAS SUPERIOR (anggota gerak atas)

Anggota gerak atas terdiri dari lengan dan tangan. Keduanya terdiri dari tulang yang berperan sebagai alat gerak pasif dan juga otot yang sebagai alat gerak aktif. Beberapa fungsi dari alat gerak atas ini adalah untuk memegang benda, menulis, menggambar, menunjuk arah, bermain alat musik, berolahraga, memasak dan lain sebagainya.

  Tulang yang membentuk alat gerak atas dapat dilihat pada gambar berikut ini:


1)   Gelang Bahu

Pada dasarnya, letak tulang gelang bahu ini berada di sekitara humerus. Atau tepat di bagian bahu yang menghungkan antara lengan dengan bagian punggung atau dada atas manusia, Yang mana bagiannya terdiri dari beberapa tulang seperti klavikula dan scapula. Di mana klavikula ini merupakan tulang belikat sementara scapula merupakan tulang selangka yang ada di rongga tubuh atas, tepatnya di bahu manusia.

Fungsi gelang bahu adalah:

1.   Tempat melekatnya sejumlah otot yang memungkinkan terjadinya gerakan pada sendi.

2.   Sebagai bagian dari anggota gerak atas yang bisa membantu meneruskan gerakannya ke semua kerangka tubuh.

3.   Sebagai pengganjal yang bisa menjauhkan anggota gerak atas di beberapa bagian dada agar lengan bisa bergerak lebih leluasa dan fleksibel.


Dari segi bentuk tulang gelang bahu ini memiliki bentuk yang berbeda antara tulang klavikula dan juga scapikula. Di mana penjelasan kedua tulang tersebut akan dijelaskan berikut ini:

A.   Clavicula (tulang selangka)

Tulang selangka merupakan tulang yang panjang dan tipis serta bisa ditemukan melintang di bagian bawah leher. Bentuk tulang ini menyerupai huruf S dan menempel pada bagian tulang dada dan persendian di bahu.

Fungsi tulang selangka adalah :

1.   Mencegah terjadinya dislokasi (pergerakan sendi) pada bahu.

2.   Menopang lengan dan bahu agar bisa bergerak secara bebas.

3.   Membantu menghantarkan tekanan dan berat dari lengan ke kerangka bagian atas.

4.   Melindungi saraf dan pembuluh darah lengan yang terletak di bawahnya.

5.   Tempat melekatnya otot bahu, dada, dan lengan

6.   Penyambung kerangka bagian atas dan bahu.


B.   Scapula (tulang belikat)

Berukuran besar, bentuk segitiga dan pipih, terletak pada bagian belakang dari tulang rusuk. Di sekitar tulang belikat terdapat juga berbagai kelenjar getah bening yang berguna dalam drainase cairan tubuh.

Fungsi tulang belikat adalah:

1.   Membantu pergerakan bahu.

2.   Menyeimbangkan pergerakan dari persendian di bahu.

3.   Mendukung pergerakan dada.

4.   Sebagai penghubung antara tulang lengan atas atau humerus dengan tulang selangka agar bisa menjadi satu kesatuan yang menyokong pergerakan lengan.


2)   Lengan

Lengan adalah anggota badan dari pergelangan tangan sampai ke bahu.

A.   Lengan Atas

·      Humerus (tulang lengan atas)

Termasuk kelompok tulang panjang/pipa, ujung atasnya besar,halus, dan dikelilingi oleh tulang belikat. Pada bagian bawah memiliki dua lekukan merupakan tempat melekatnya tulang radius dan ulna. Bagian ujungnya berhubungan dengan bahu membentuk kepala sendi yang bundar atau disebut caput humeri.

Fungsi tulang lengan atas:

1.   Menjadi tempat melekatnya 13 otot dan ligamen yang menggerakkan tangan dan sikut

2.   Mendukung banyak fungsi lengan, misalnya kegiatan fisik dan mengangkat.

3.   Di lengan atas, arteri brakialis bercabang menjadi beberapa arteri, mendistribusikan darah beroksigen dari paru-paru dan jantung.


B.   Lengan Bawah

·      Radius (tulang pengumpil) 

Berbentuk panjang, dan berperan untuk menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Tulang pengumpil terletak di sisi lateral dari tulang hasta. Bentuk dari badan tulang pengumpil semakin ke bawah semakin membesar, membentuk persendian pergelangan tangan. Bagian dataran sendi yang menghubungkan radius dan humerus membentuk bundar, sehingga lengan bawah dapat berputar atau telungkup.

Fungsi tulang pengumpil:

1.      Menjadi penyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia (ekstremitas atas manusia).

2.      Sebagai tempat melekatnya otot otot lengan

3.      Menyusun lengan bagian bawah bersama tulang hasta

4.      Mendukung dan memberi bentuk susunan pada lengan


·      Ulna (tulang hasta)

Berbentuk panjang dan sejajar dengan tulang radius (pengumpil). Tulang ulna berukuan lebih besar dibandingkan radius, dan mlekat dengan kuat di humerus.

Fungsi tulang hasta:

1.   Memungkinkan sendi pegelangan tangan bergerak dan berputar.  

2.   Untuk menyimpan mineral dan mneghasilkan sel –  sel darah pada sum sum tulang.

3.   Sebagai penunjang kerangka tangan manusia


3)   Tangan 

    Tangan memiliki dua definisi. Definisi yang luas adalah anggota badan dari siku sampai ke ujung jari tangan, sedangkan definisi yang sempit adalah anggota badan dari pergelangan sampai ujung jari tangan (bagian dalamnya disebut telapak tangan).

    Tangan manusia memiliki salah satu fungsi yang sangat unik yang membedakannya dari makhluk hidup lainnya, yaitu kemampuan untuk menggenggam benda.


A.   Karpalia (tulang pergelangan tangan)

Tersusun atas 8 buah tulang yang saling dihubungkan oleh ligamen. Karpal merupakan tulang-tulang pendek dengan bentuk yang berbeda-beda, yaitu berbentuk bulat, segitiga, bulan sabit, segi banyak, seperti kacang, berkepala dan berkait.

Fungsi tulang pergelangan tangan:

1.      Untuk membantu pergerakan jari-jari tangan

2.      Untuk menghubungkan jari-jari dan tangan agar dapat digunakan untuk beraktivitas secara normal.

3.      Untuk memfasilitasi posisi tangan yang efektif.

4.      Meningkatkan kebebasan gerak di pergelangan tangan

Ke 8 tulang karpalia disusun dalam dua baris; proksimal dan distal.

a.    Bagian Proximal (mendekati)

Lebih dekat dengan batang tubuh atau pangkal

·      Navikular (tulang berbentuk perahu) berjumlah 2

 Istilah tulang navicular sebelumnya digunakan untuk tulang skafoid , salah satu tulang karpal pergelangan tangan. Terletak di antara tangan dan lengan bawah di sisi ibu jari pergelangan tangan (juga disebut sisi lateral atau radial). Ini membentuk batas radial terowongan karpal . Tulang skafoid adalah tulang terbesar dari deretan proksimal tulang pergelangan tangan, sumbu panjangnya dari atas ke bawah, ke samping, dan ke depan. Ini kira-kira seukuran dan bentuk kacang mete sedang.


·      Lunatum (tulang bulan sabit) berjumlah 2

Merupakan salah satu dari delapan tulang karpal kecil di pergelangan tangan. Tulang tersebut terletak di tengah pangkal pergelangan tangan dan berperan penting untuk pergerakan pergelangan tangan dan berperan penting untuk pergerakan pergelangan tangan.


·      Triquetrum (tulang segitiga) berjumlah 2

     Adalah tulang bermuka tiga yang ditemukan di baris proksimal tulang karpal. Terletak di bawah pisiform , itu adalah salah satu tulang karpal yang membentuk lengkungan karpal, di dalamnya terdapat terowongan karpal .


·      Visiformis (tulang kacang) berjumlah 2

Adalah tulang sesamoid, tanpa membran penutup periosteum . Ini adalah tulang karpal terakhir yang mengeras . Tulang berbentuk pisiform adalah tulang kecil yang terdapat di baris proksimal pergelangan tangan ( karpus ). Ini membentuk batas ulnaris terowongan karpal .


b.    Bagian Distal (jauh)

Lebih jauh dari batang tubuh atau pangkal

·      Multangulum Mavus (tulang besar segi banyak) berjumlah 2

Disebut juga tulang trapezium (tulang multangular yang lebih besar ) adalah tulang karpal berbentuk tidak beraturan yang ditemukan di dalam tangan . Trapezium ditemukan dalam baris distal tulang karpal, dan berbatasan langsung dengan tulang ibu jari metakarpal . Pada permukaan ulnarisnya ditemukan tulang trapesium dan skafoid .

Fungsi tulang trapezium adalah tulang paling radial yang mengelilingi terowongan karpal. Penting dalam gerakan ibu jari,


·      Multangulum Minus (tulang kecil segi banyak) berjumlah 2

Tulang multangular yang lebih kecil ini adalah tulang terkecil di baris distal tulang karpal yang memberi struktur pada telapak tangan. Hal ini dapat diketahui dari bentuknya yang berbentuk baji , ujung lebar baji yang menyusun dorsal , ujung sempit permukaan palmar; dan dengan memiliki empat segi artikular yang saling bersentuhan, dan dipisahkan oleh tepi yang tajam.


·      Kapitatum (tulang berkepala) berjumlah 2

Tulang ini ditemukan di tengah regio tulang karpal, berada di ujung distal tulang jari-jari dan ulna. Ini berartikulasi dengan tulang metacarpal ketiga (jari tengah) dan membentuk sendi carpometacarpal ketiga. Tulang kapitatum adalah tulang karpal terbesar di tangan manusia .


·      Humatum (tulang berkait) berjumlah 2

     Humatum adalah tulang di pergelangan tangan manusia yang mudah dibedakan dari bentuk baji dan proses seperti kait ("hamulus") yang menonjol dari permukaan palmarnya. Tulang ini berbentuk tidak teratur. Humatum ditemukan dalam barisan distal tulang karpal, dan berbatasan dengan metakarpal jari kelingking dan jari manis .  


B.     Meta Karpalia (tulang punggung/telapak tangan)

Tersusun atas tulang pipa pendek berjumlah lima buah tulang. Pada bagan atas berhubungan dengan tulang pergelangan tangan, sedangkan bagian bawah berhubungan dengan tulang-tulang jari (palanges).

Fungsi telapak tangan:

1.      Salah satu organ gerak manipulasi (keterampilan) pada manusia.

2.      Sebagai pemberi bentuk tangan.

3.      Penghubung tulang jari (phalanges) dengan tulang pangkal lengan (carpals)

4.      Untuk mmbentuk knuckles (buku jari, yang dibentuk saat mengepalkan tangan).

             5.    Tempat menempelnya otot, contohnya otot lumbricals


C.     Falanges (tulang jari tangan)

Organ manipulasi dan sensasi yang ditemukan di tangan manusia dan primata lainnya. Biasanya manusia memiliki lima jari, tulang yang disebut falang, Digit pertama adalah ibu jari , diikuti jari telunjuk , jari tengah , jari manis , dan kelingking. Menurut definisi yang berbeda, ibu jari bisa disebut jari, atau tidak.

Setiap jari tersusun atas tiga buah tulang (falang proksimal, menengah dan distal), kecuali ibu jari yang hanya tersuun atas 2 buah tulang (falang proksimal dan distal).

Fungsi tulang jari tangan:

1.      Untuk membentuk struktur dari jemari.

2.      Sebagai penggerak jari tangan, menyentuh dan memegang sesuatu yang berhubungan dengan tangan.

3.      Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan beberapa persendian pada manusia yang ada pada tulang jari tangan tersebut.

4.      Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk membentuk persendian tulang tangan.



·  Falanges Distal = 5 buah

Tulang jari tangan yang paling terkecil dan terletak di bagian ujung jari

 

·  Falanges Medial =  4 buah

Tulang jari tangan yang merupakan bagian dari tulang persendian jari tangan

 

·  Falanges Froximal = 5 buah

Tulang jari tangan ini memanjang dari ujung telapak tangan dan merupakan tulang jari tangan yang paling panjang dari tulang jari tangan lainnya


2.    EXTREMITAS INFERIOR (anggota gerak bawah)

Kaki sebagai anggota gerak bagian bawah membantu manusia dalam berjalan, berlari, memanjat dan melakukan aktivitas lainnya. Tulang pada kaki terdiri dari tulang paha (femur), betis (fibula), dan tulang kering (tibia). Sementara bagian telapak kaki tersusun dari tulang yang bernama metatarsal.

Tulang anggota gerak bawah disusun oleh tulang:

1)   Gelang Panggul, yang dibentuk oleh Koksa

Gelang panggul merupakan penghubung antara badan dan anggota bawah. Kerangka aksial yaitu tulang sakrum dan tulang koksigeus yang letaknya terjepit antara dua tulang koksa turut membentuk gelang ini. Dua tulang koksa itu bersendi satu dengan lainnya di tempat simfisis pubis.

Fungsi gelang panggung terutama untuk mendukung berat badan bersama-sama dengan ruas tulang belakang. melindungi dan mendukung organ-organ bawah, seperti kandung kemih, organ reproduksi, dan sebagai tempat tumbuh kembangnya janin.


· Ilium (tulang usus)

  Yaitu tulang terbesar atau utama tulang panggul. Tulang ini berada di kedua sisi tulang belakang dan melengkung ke arah bagian depan tubuh. Saat memegang perut, Anda akan merasakan adanya tulang yang menonjol. Itu adalah bagian batas atas ilium yang disebut puncak iliaka. 

  Fungsinya adalah menyokong berat badan dan postur tubuh, sebagai titik jangkat otot, tendon, dan ligamen, dan melindungi organ-organ bagian dalam.

· Pubis (tulang kemaluan)

   Pubis adalah yang paling menghadap ke depan ( ventral dan anterior ) dari tiga tulang utama yang menyusun panggul . Tulang ini membatasi sebuah lubang yang terdapat dalam tulang panggul, lubang ini disebut foramen obtoratorium. 

Fungsinya adalah membantu memberikan dukungan untuk tulang punggung bagian bawah dan membantu gerakan kaki bagian atas. Tulang kemaluan, memiliki dua cabang, satu menuju ke samping atas dan satu lagi menuju ke samping bawah, fungsinya adalah melindungi alat/organ reproduksi.

· Iskii (tulang duduk)

Yaitu tulang yang berada di bawah ilium dan di samping pubis. Tulang ini tebal karena terbentuk dari dua tulang yang menyatu dan melingkar. Di sinilah tulang paha bertemu dengan tulang panggul dan menciptakan sendi panggul.

Fungsi tulang iskii yaitu tulang yang menopang berat badan Anda saat duduk, sehingga sering disebut dengan tulang duduk.


2)   Tungkai

A.  Tungkai Atas

    Tungkai atas adalah bagian paha sesudah lutut sampai pangkal paha

· Femur (tulang paha)

  Termasuk kelompok tulang pipa terpanjang dan terbesar, terletak mulai dari gelang panggul sampai ke lutut. Pangkal tulang dekat panggul membentuk kepala sendi yang disebut kaput femoris. Bagian ujungnya membentuk persendian lutut. 

Fungsi tulang paha:

1.      Menghubungkan tubuh bagian panggul dengan lutut

2.      Membentuk sendi panggul

3.      Membentuk sendi lutut



· Patela (tempurung lutut)

Merupakan tulang kecil yang teletak antara femur dengan tibia, bentuk segitiga.

Fungsi tulang patela:

1.      Membantu lutut untuk bisa menekuk dan bergerak

2.      Membantu dan menyeimbangkan pergerakan persendian lutut

3.      Melindungi persendian lutut

4.      Menyambungkan otot paha dan tulang kering

5.      Meningkatkan kekuatan otot paha

6.      Memberikan kekuatan pada tendon yang membentuk lutut.



B.  Tungkai Bawah

Tungkai bawah adalah bagian kaki dari lutut ke bawah

· Tibia (tulang kering)

Adalah tulang yang berada di bawah lutut pada vertebrata (tulang yang satunya lagi adalah fibula), Bagian pangkal berhubungan dengan lutut bagian ujung berhubungan dengan pergelangan kaki. Bagian pangkal membentuk persendian lutut dengan femur, dan pada bagian ujung bawah terdapat tonjolan yang disebut maleolus medial (mata kaki dalam). Ukuran tulang kering lebih besar dinandingkan tulang betis karena berfungsi untuk menahan beban atau berat tubuh.

Fungsi tulang kering:

1.      Menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki.

2.      Berisi sumsum merah, yang kaya akan darah merah

3.      Menopang sebagian besar berat seseorang saat berdiri



· Fibula (tulang betis)

Merupakan tulang lutut yang terletak di bagian lateral dari tibia, dan tulang fibula terhubung dengan tibia di bagian atas dan bawah. Tulang fibula lebih kecil daripada tibia dan juga merupakan tulang yang paling ramping dari antara semua tulang panjang.

Fungsi :

1.      Tulang betis merupakan tempat melekatnya beberapa otot

2.      Menghubungkan dengan ruangan belakang tungkai

3.      Melekatkan bagian lutut

4.      Berfungsi pendukung tulang kering

5.      Berfungsi menjaga keseimbangan tubuh

6.      Melindungi bagian kaki dari benturan

7.      Sebagai komponen yang terhubung langsung dengan pergelangan kaki



3)   Kaki

Kaki manusia merupakan sebuah bagian dari anggota tubuh yang begitu kompleks didalam sistem gerak pada tubuh manusia. Kaki manusia memiliki sebuah fungsi agar dapat memudahkan dalam aktivitas berjalan, berlari dan termasuk dalam membantu untuk berdiri secara baik.

A.  Tarsalia (tulang pergelangan kaki)

Termasuk tulang pendek, Tulang Pergelangan Kaki merupakan tulang yang dimana terdiri dari ujung-ujung tulang kering serta tulang betis dan tumit. Maka Sendi dari pergelangan kaki ini terdiri dari atas bagian bawah tulang tibia, tulang fibula dan tulang talus yang berbentuk kubah, sering disebut ankle mortis.

Fungsi tulang pergelangan kaki:

1.  Untuk memungkinkan adanya gerakan naik turun kaki, karena adanya sendi engsel.

2.  Untuk melangkah dan dapat berjalan dengan cara yang nyaman dan seefisien mungkin.

     3.   Untuk penghubung antara tulang tungkai lengan bagian bawah terhadap telapak kaki.



Tulang tulang pergelangan kaki, terdiri atas:

· Talus (tulang loncat)

Talus adalah salah satu tulang penting yang membentuk sendi pergelangan kaki. Ia juga merupakan salah satu tulang di tubuh manusia dengan persentase tertinggi dari luas permukaan yang ditutupi oleh tulang rawan artikular. Hal ini juga tidak biasa karena memiliki suplai darah retrograde, yaitu darah arteri memasuki tulang di ujung distal

Fungsi tulang talus:

1.      Sebagai penghubung antara kedua tulang pada tungkai kaki (tulang kering dan tulang fibula)

2.      Untuk bergerak lebih bebas satu sama lain


· Kalkaneus (tulang tumit)

Merupakan tulang terbesar dari telapak kaki. Tulang ini terletak di sebelah belakang yang mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang.

Dengan demikian, tulang tumit mempunyai tugas besar untuk menyangga berat badan, terutama ketika sedang berjalan atau berlari. Tumit juga bersendi, di sebelah atas tumit bersendi dengan talus (tulang tempat mata kaki berada) dan di depan dengan kuboid (tulang penghubung dengan jari-jari kaki).



· Navikular (tulang berbentuk kapal)

Namanya diambil dari kemiripan tulang manusia dengan perahu kecil, yang disebabkan oleh permukaan artikular proksimal yang sangat cekung. Tulang navicular pada manusia terletak di sisi medial kaki , dan diartikulasikan secara proksimal dengan talus , di distal dengan tiga tulang paku , dan secara lateral dengan kubus .

Tulang navicular adalah batu kunci kaki: itu adalah bagian dari coxa pedis dan berartikulasi dengan talus, paku pertama, kedua dan ketiga, berbentuk kubus dan kalkaneus. Ini memainkan peran penting dalam biomekanik kaki membantu dalam inversi (gerak memiringkan telapak kaki ke dalam tubuh), eversi (gerakan memiringkan telapak kaki ke luar) dan gerakan.


· Kurniformis Lateralis (tulang paku ketiga)

Juga dikenal sebagai paku eksternal. Berbentuk baji, alasnya paling atas. Ini menempati bagian tengah dari barisan depan tulang tarsal , antara medial paku menengah, kuboid lateral, navicular posterior dan metatarsal ketiga di depan. Sisipan tibialis posterior di medial cuneiform, sedangkan fleksor halusis brevis berasal darinya.

 

· Kurniformis Interalis (tulang paku kedua/tengah)

Berbentuk seperti baji, ujung tipis mengarah ke bawah. Paku menengah terletak di antara dua tulang paku lainnya (paku medial dan lateral), dan berartikulasi dengan navicular di posterior, metatarsal kedua di anterior dan dengan paku lainnya di kedua sisi.

 

· Kurniformis Medialis (tulang paku pertama)

Adalah yang terbesar dari paku. Itu terletak di sisi medial kaki, anterior ke tulang navicular dan posterior ke dasar metatarsal pertama . Di sampingnya adalah paku menengah . Ini berartikulasi dengan empat tulang: navicular, cuneiform kedua, dan metatarsal pertama dan kedua . Otot tibialis anterior dan fibularis longus masuk ke tulang runcing medial.


Merah = medial; kuning = menengah; hijau = lateral

B.  Metatarsalia (tulang telapak kaki)

Tersusun atas 5 buah tulang yang tersusun mendatar.

Fungsi tulang telapak kaki:

1.      Menstabilkan lengkungan kaki

2.      Memberikan penyerapan goncangan ketika kaki menyentuh tanah


C.  Falanges (tulang jari kaki)

Adalah kumpulan tulang seperti piramida yang membentuk lengkungan kaki. Ini termasuk tiga tulang runcing, tulang berbentuk kubus, dan tulang navicular. Kaki belakang membentuk tumit dan pergelangan kaki. Kaki depan berisi lima jari (falang) dan lima tulang yang lebih panjang (metatarsal). Setiap jari tersusun atas 3 tulang kecuali tulang ibu jari atas 14 tulang.

Fungsi tulang jari kaki:

1.      Menjaga Keseimbangan Saat Berjalan

2.      Sebagai Tumpuan Berat Badan

3.      Memberi Fleksibilitas


· Falanges Distal (tulang di ujung jari kaki) = 5 buah


· Falanges Medial (bagian pertengahan) = 4 buah


· Falanges Froximal (yang paling dekat dengan kaki) = 5 buah



SUMBER:

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/fungsi-anggota-gerak-atas-pada-tubuh-manusia-5360/ 

https://www.sehatq.com/artikel/sudah-tahu-fungsi-tulang-selangka 

https://www.sehatq.com/artikel/meski-tak-terlihat-ini-fungsi-tulang-belikat-pada-tubuh-manusia

https://id.wikipedia.org/wiki/Lengan#:~:text=Lengan%20adalah%20anggota%20badan%20dari%20pergelangan%20tangan%20sampai%20ke%20bahu.&text=Istilah%20ini%20dapat%20digunakan%20secara,berkaki%20empat%2C%20atau%20lengan%20gurita.  

https://nurainins.blogspot.com/2019/02/penjelasan-gambar-dan-fungsi-dari.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Tangan

https://m.utakatikotak.com/kongkow/detail/8774/Berikut-Tulang-Anggota-gerak-atas-dan-bawah#

https://www.merdeka.com/jatim/fungsi-tulang-pergelangan-tangan-pada-manusia-pelajari-selengkapnya-kln.html#:~:text=Fungsi%20tulang%20pergelangan%20tangan%20yang%20kedua%20adalah%20untuk%20membantu%20pergerakan,digunakan%20untuk%20beraktivitas%20secara%20normal

https://usaha321.net/3-jenis-tulang-telapak-tangan-dan-fungsinya-karpal-metakarpal-falang.html

https://brainly.co.id/tugas/633520

https://brainly.co.id/tugas/31489295

https://docs.google.com/presentation/d/1gFUPFThh0QLU6lRaTj0kODI8q4pAga0lVFoFNhsP_rw/htmlpresent

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/anatomi-panggul-wanita/#:~:text=Ilium%2C%20yaitu%20tulang%20terbesar%20atau,ilium%20yang%20disebut%20puncak%20iliaka.

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/struktur-rangka-manusia-703/#:~:text=Tulang%20usus%20(os%20illium)%2C,melindungi%20organ%2Dorgan%20bagian%20dalam.

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Pubis_(bone)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search

https://lusa.afkar.id/panggul-wanita-bagian-1#:~:text=pintu%20atas%20panggul.-,Tulang%20kemaluan%20(os%20pubis),lubang%20ini%20disebut%20foramen%20obtoratorium

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/struktur-rangka-manusia-703/#:~:text=Fungsinya%20adalah%20membantu%20memberikan%20dukungan,adalah%20melindungi%20alat%2Forgan%20reproduksi.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/anatomi-panggul-wanita/#gref

https://www.sehatq.com/artikel/anatomi-tulang-panggul-wanita-berbeda-dengan-pria#:~:text=Ischium%2C%20yaitu%20tulang%20yang%20menopang,ilium%20dan%20di%20samping%20pubis.

 http://cepipradana.blogspot.com/2013/05/ekstremitas-manusia.html

https://www.sehatq.com/artikel/fungsi-tulang-tempurung-lutut-pada-tubuh-manusia

https://id.wikipedia.org/wiki/Fibula#:~:text=Fibula%20adalah%20sebuah%20tulang%20lutut,dari%20antara%20semua%20tulang%20panjang.

https://id.wikipedia.org/wiki/Fibula#:~:text=Fibula%20adalah%20sebuah%20tulang%20lutut,dari%20antara%20semua%20tulang%20panjang

https://saintif.com/fungsi-tulang-betis/

https://moztrip.com/fungsi-tulang-pergelangan-kaki/

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_istilah_anatomi#:~:text=dan%20kebawah%20(depresi)-,Inversi%20dan%20eversi,untuk%20wilayah%20di%20pergelangan%20kaki

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Navicular_bone&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH ISTILAH DALAM ANATOMI

ANATOMI FISIOLOGI